CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Senin, 03 November 2008

Mencari Web dengan Fasilitas Search Engine

Search engine merupakan fasilitas untuk melakukan browsing yang digunakan untuk mencari informasi dalam waktu singkat. Dikatakan singkat karena kita tidak perlu meningat dan mengetikkan nama halaman situs pada website yang akan dicari, cukup dengan cara mengetikkan kata kunci, berupa jenis informasi yang akan kita cari pada search engine. Jadi kita tidak perlu untuk menelusuri halaman website satu persatu.

Macam-macam search engine yang populer di Indonesia dan sering digunakan pada saat akses internet ada beberapa diantaranya yaitu:

a. Search Engine Google

Berikut adalah tampilan dari search engine Google. Cara untuk browsing dengan menggunakan Google cukup mudah. Kita tinggal mengetikkan kata kunci pada kolom di tengah halaman dan menekan Google search. Juga terdapat pilihan untuk menyaring hasil yang akan kita terima. Dari web (global) atau dari Indonesia saja. Salah satu fitur menarik yang ada di google adalah "I'm Feeling Lucky" atau "Saya Lagi beruntung" dalam bahasa Indonesia. Dengan menggunakan fitur ini, Google akan langsung mengantar kita ke halaman web yang dirasa memiliki kecocokan paling bagus dengan kata kunci yang kita masukkan.

b. Search engine msn
Ini adalah tampilan utama search engine msn. Interface msn sedikit terlihat penuh sesak dikarenakan msn memuat berita-berita di banyak bidang seperti politik, ekonomi, dan olahraga. Untuk melakukan browser dengan search engine ini, kita cukup mengetikkan kata kunci dan menekan live search yang terdapat di kolom pada bagian atas halaman.


c. Search engine Yahoo!

Lain Yahoo lain juga msn. Walau sama-sama memuat berbagai berita, namun berita-berita di Yahoo! dipisahkan menurut bidang-bidangnya dan tidak dimuat di satu halaman yang sama seperti msn. Hal ini menjadikan halaman web terlihat lebih rapi. Untuk melakukan browsing di search engine Yahoo!, kita cukup mengetikkan kata kunci, memilih kategori file tersebut, dan menekan Web Search.

Oleh: Eka Dharma S.

0 komentar: